Sabtu, 23 Oktober 2010

Lebih Dekat Dengan Provider Indonesia


Jual Pulsa? tentunya harus tahu dong provider/operator yang ada di Indonesia. Nah biar lebih dekat dengan para provider apa sih itu Telkomsel? apa sih itu Indosat? tidak ada salahnya kita baca-baca sedikit tentang perusahaan telekomunikasi di Indonesia. Brikut Ulasannya :
1. Telkomsel
PT Telkomsel adalah sebuah perusahaan operator telekomunikasi seluler di Indonesia.
Telkomsel merupakan operator telekomunikasi seluler GSM di Indonesia, dengan layanan pascabayarnya yang diluncurkan pada tanggal 26 Mei 1995. Waktu itu kepemilikan saham Telkomsel adalah PT Telkom (51%) dan PT Indosat (49%). Kemudian pada November 1997 Telkomsel menjadi operator seluler pertama di Asia yang menawarkan layanan prabayar GSM. Telkomsel ini mengklaim sebagai operator telekomunikasi seluler terbesar di Indonesia, dengan 81,644 juta pelanggan (pada 31 Desember 2009) dan market share sebesar 51% pada (Maret 2008).
Telkomsel memiliki tiga produk GSM, yaitu SimPATI (prabayar), KartuAS (prabayar), serta KartuHALO (pascabayar).
Saat ini saham Telkomsel dimiliki oleh TELKOM (65%) dan perusahaan telekomunikasi Singapura SingTel (35%). TELKOM merupakan BUMN Indonesia yang mayoritas sahamnya dimiliki oleh Pemerintah Republik Indonesia, sedang SingTel merupakan perusahaan yang mayoritas sahamnya dimiliki oleh Pemerintah Singapura.
Telkomsel mempunyai beragam produk-produk. Contohnya, simPATI, kartuHALO, KartuAs, dan Telkomsel Flash.
2. Indosat
Indosat didirikan pada tahun 1967 sebagai Perusahaan Modal Asing, dan memulai operasinya pada tahun 1969. Pada tahun 1980 Indosat menjadi Badan Usaha Milik Negara yang seluruh sahamnya dimiliki oleh Pemerintah Indonesia. Hingga sekarang, Indosat menyediakan layanan seluler, telekomunikasi internasional dan layanan satelit bagi penyelenggara layanan broadcasting.
PT Satelit Palapa Indonesia (Satelindo) didirikan pada tahun 1993 di bawah pengawasan PT Indosat. Satelindo beroperasi pada tahun 1994 sebagai operator GSM. Pendirian Satelindo sebagai anak perusahaan Indosat menjadikan ia sebagai operator GSM pertama di Indonesia yang mengeluarkan kartu prabayar Mentari dan pascabayar Matrix.
Pada 31 Desember 2008, saham Indosat dimiliki oleh Qatar telecom Q.S.C. (Qtel) secara tidak langsung melalui Indonesia Communication Limited (ICLM) dan Indonesia Communications Pte Ltd (ICLS) sebesar 40,81%, sementara Pemerintah Republik Indonesia dan Publik memiliki masing-masing 14,29% dan 44,90%
Indosat mempunyai beragam produk-produk. Contohnya, Mentari, IM3, Matrix, dan StarOne.
3. XL Axiata
PT XL Axiata Tbk[1] (dahulu PT Excelcomindo Pratama Tbk), atau disingkat XL, adalah sebuah perusahaan operator telekomunikasi seluler di Indonesia. XL mulai beroperasi secara komersial pada tanggal 8 Oktober 1996, dan merupakan perusahaan swasta pertama yang menyediakan layanan telepon seluler di Indonesia.
XL memiliki dua lini produk GSM, yaitu XL Prabayar dan XL Pascabayar. Selain itu XL juga menyediakan layanan korporasi yang termasuk Internet Service Provider (ISP) dan VoIP.
Pemegang saham XL saat ini adalah:[2]
Indocel Holding Sdn. Bhd. (86,5%), merupakan perusahaan yang dimiliki 100% oleh TM International (L) Limited. TM International Berhad merupakan anak perusahaan Axiata Group Berhad yang khusus menangani investasi international.
Etisalat International Indonesia Ltd (13,3%). Etisalat International Indonesia dimiliki 100% oleh Emirates Telecommunications Corporation (Etisalat). Etisalat adalah perusahaan incumbent jasa telekomunikasi di Uni Emirat Arab yang beroperasi dan mempunyai investasi meliputi 15 negara di kawasan Timur Tengah, Afrika, dan Asia, termasuk diantaranya Afganistan, Central African Republic, Cote D’Ivoire, Mesir, Gabon, Niger, Nigeria, Pakistan, Saudi Arabia, Sudan, Tanzania, dan Togo.
Publik (0,2%)
XL mempunyai beragam produk-produk. Contohnya, XL Bebas, XL Jempol,.
3. Three (Telekomunikasi) Hutchison
Jaringan 3 dioperasikan PT. Hutchison Charoen Pokphand Telecom (HCPT), yang 60% sahamnya dimiliki Hutchison Whampoa dan sisanya oleh Charoen Pokphand. Meskipun lisensi 3G telah diperolehi pada tahun 2004 saat perusahaan tersebut masih bernama Cyber Access Communication, layanan 3G baru mulai diluncurkan pada 29 Maret 2007 dengan wilayah jangkauan Jakarta pada awalnya.3 sendiri mengklaim telah mendapatkan 2.3 juta pelanggan sampai kuartal kedua tahun 2008. Pada tanggal 8 September 2008, 3 mempromosikan GRATIS SMS ke semua operator, semua orang . Pada tahun 2009 Tri menjadi salah satu Sponsor Asia Tour Manchester United , dan Akhirnya djadikan salah satu Oficial Sponsor Manchester United .
Three adalah nama merek yang digunakan untuk sembilan jaringan telekomunikasi seluler di EropaAsia, dan Australia.Hutchison Whampoa memiliki saham (baik saham mayoritas maupun minoritas) di kesemuanya. Seluruh jaringan bermerek 3 tersebut menyediakan teknologi 3G dan mementingkan layanan "multimedia bergerak" mereka. Jaringan ini hadir di AustraliaAustriaBritania RayaDenmarkHong KongIndonesiaIrlandiaItalia, dan Swedia.
4. Lippo Telecom (Axis)
PT.Natrindo Telepon Seluler atau dikenal juga dengan nama Lippo Telecom selaku pemegang brand AXIS merupakan operator penyedia layanan seluler GSM dan 3G di IndonesiaAXIS mulai beroperasi di Jawa dan Sumatera, dan saat ini sedang gencar mengembangkan jaringan 2G dan 3G-nya ke beberapa wilayah lain di Indonesia.

AXIS yang dahulunya bernama Lippo Telecom adalah perusahaan operator telekomunikasi seluler GSM 1800 pertama di Indonesia, dengan fokus awal operasi tahun 2001 di wilayah Jawa Timur
AXIS didukung oleh dua operator terkemuka di Asia: Saudi Telecom Company, penyedia layanan telekomunikasi nasional Arab Saudi dan Maxis Communications Berhad, penyedia layanan telekomunikasi terbesar di Malaysia

5. Mobile-8 Telecom (FREN, HEPI)
PT Mobile-8 Telecom Tbk., atau disingkat Mobile-8 adalah perusahaan operator seluler berbasis CDMA 800 MHz di Indonesia yang didirikan pada bulan Desember 2002. Mobile-8 memiliki produk layanan seluler dengan nama pasar Fren yang diluncurkan pada tanggal 8 Desember 2003 dan layanan fixed wireless access dengan merk HEPI yang diluncurkan pada periode semester I 2008. Saat ini layanan Fren sudah dapat dinikmati di seluruh Indonesia.
Presiden Direktur PT Mobile-8 Telecom saat ini adalah Merza Fachys.
Awalnya mayoritas saham PT Mobile-8 Telecom dimiliki oleh kelompok Bhakti Investama melalui PT. Global Mediacom (Bimantara), yaitu sebesar 66,81% atau 13,519 miliar saham dari total 20,235 miliar saham Perseroan.
Melalui serangkaian pelepasan sahamnya, Bimantara menjual kepemilikannya pada beberapa perusahaan.

6.  PT. Sampoerna Telekomunikasi Indonesia (CERIA)
Ceria merupakan Produk telekomunikasi dari PT. Sampoerna Telekomunikasi Indonesia (STI) yang berbasiskan CDMA 2000 1x. Ceria berjalan di frekwensi 450Hz, yang saat ini lisensi pada frekwensi tersebut hanya dimiliki oleh Sampoerna Telekom.
Dengan memadukan teknologi spektrum frekuensi 450 MHz dengan teknologi CDMA 2000 1x, Sampoerna Telekom memiliki berbagai keunggulan, terutama dalam hal jangkauan (coverage) dan efisiensi penggunaan spektrum frekuensi. Sehingga mampu menyediakan akses telekomunikasi dengan biaya hemat sampai ke daerah-daerah yang sebelumnya tidak terjangkau atau tidak terlayani dengan baik.
Sampoerna Telekom telah memperluas layanannya hingga ke Sumatra Selatan, Jambi, Riau, Palembang, Baturaja, Lahat, Lubuk Linggau, Jawa Timur dan Jawa Tengah hingga akhir tahun lalu.
Pada saat yang sama Sampoerna juga telah memberikan layanan telekomunikasi di wilayah Jambi (Bangko dan Muarabungo) dan Provinsi Riau (Pekanbaru, Dumai, Rengat dan Tembilahan). Sebelumnya operator tersebut telah menjangkau Provinsi Lampung, Bali, dan Lombok. Sementara awal Oktober akan segera menjangkau Provinsi Sumatra Selatan, Jambi, Riau dan disusul kemudian Provinsi Jawa Timur dan Jateng dan Nangroe Aceh Darussalam. Hingga pertengahan tahun lalu, jumlah pelanggan STI telah mencapai 39.000 sambungan Ceria CDMA (digital) dan masih ada sekitar 3.000 Neon NMT (analog) yang tersebar di daerah pedesaan.

7. Smart Telecom
Smart Telecom Salah satu operator layanan telekomunikasi seluler di Indonesia dengan jaringan CDMA 2000 yang memungkinkan komunikasi seluler dengan suara yang lebih jernih dan akses data berkecepatan tinggi kepada para penggunanya.
Hingga saat ini, Smart telah meluncurkan tiga produk yaitu :
  • Smart Prabayar untuk pengguna umum, pelajar, dan mahasiswa.
  • Smart Pascabayar untuk pengguna umum dan eksekutif.
  • Smart Jump untuk konsumen yang ingin berinternet dengan kecepatan tinggi hingga 3,1 Mbps (jaringan EV-DO).

Blackberry CDMA Pertama di Indonesia diluncurkan. Pada tanggal 2 November 2009, Smart Telecom meluncurkan layanan Blackberry Curve TM 8330 dengan kemampuan EV-DO di Indonesia. Dengan berlangganan layanan Blackberry dari Smart, pelanggan dapat menikmati layanan internet dan e-maildi jaringan data berkecepatan tinggi.

Pada tanggal 11 November 2009 mengumumkan bahwa Smart Telecom, salah satu operator seluler CDMA di Indonesia telah memilih Opera Mini untuk ditanam pada ponsel Samsung Pinger dan Nexian C951.
Pada ponsel Nexian C951 yang dijual oleh Smart Telecom bahkan memiliki shortcut untuk mengakses aplikasi browser Opera Mini dengan menekan tombol “O”, sehingga penggunanya hanya memerlukan satu kali penekanan tombol untuk mengakses Internet melalui browser Opera Mini yang ada dalam ponsel tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar